Minggu, 18 Desember 2011

Contoh Rpp Bahasa Indonesia X SMK Berkarakter Bangsa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 1.1



Nama Sekolah                      :  SMK Swasta Pelita-2 Aekkanopan
Program Keahlian                :  Akuntansi/Adm. Perkantoran/Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : X (AK-1, AP, TKJ (1,2))
Pertemuan                            : 1-2
Alokasi Waktu                     : 4 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi            : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar                : 1.1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak      
K K M                                  : 65,81
Nilai Karakter Bangsa          : Bersahabat / komunikatif  (Tindakan yang memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain), Cinta tanah air, semangat kebangsaan, kreatif, rasa ingin tahu

Indikator                              :   
Kognitif
1.      Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) ditunjukkan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
2.      Komentar atau ungkapan lisan dikemukakan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak baku
3.    Lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang baku diekspresikan secara komunikatif.
4.    Kata-kata serapan dan bentukan nonbaku diidentifikasi dan diperbaiki sesuai dengan EYD.
5.    Pengaruh jeda terhadap makna diidentifikasi dan diterapkan untuk mengucapkan dan menuliskan kalimat dengan cermat dan komunikatif.
6.    Fungsi / jabatan unsur kalimat diidentifikasi berdasarkan penjedaannya.
7.    Kalimat nonbaku secara morfologi dan/atau sintaksis diperbaiki menjadi kalimat baku.

Afektif
1.      Munculnya Rasa ingin tahu tentang kekayaan kosa kata dan asal kata bahasa indonesia
2.      Ditemukannya pelafalan kata yang tidak baku secara kreatif
3.      Dihargainya perbedaan logat dalam pelafalan bahasa Indonesia sebagai wujud cinta tanah air

Psikomotor


I.   Tujuan Pembelajaran:
      Melalui model pembelajaran Jigsaw dan Model Group Investigation, siswa dapat:
Kognitif
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku dari monolog yang telah disimak;
2.   mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku secara komunikatif;
3.   mengidentifikasi kalimat atau bukan berdasarkan intonasi dan kelengkapan unsurnya
4.   mengidentifikasi pengaruh jeda/intonasi terhadap makna kalimat dan menerapkannya untuk mengucapkan dan menuliskan kalimat dengan cermat dan komunikatif.  
5.   mengidentifikasi ketidakbakuan kata serta menuliskannya  dengan ejaan yang baku sesuai dengan EYD;

6.   mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku secara komunikatif;
7.   mengidentifikasi jeda sesuai dengan satuan-satuan sintaksis dalam kalimat.
8.   mengidentifikasi fungsi/jabatan unsur kalimat sesuai dengan penjedaan kalimat.
9.   mengidentifikasi lafal/ejaan kata serapan nonbaku serta melafalkan/ menuliskannya menjadi kata serapan yang baku.
2
10. memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang  tidak lazim/baku dari teks dialog yang telah disimak;
11. memberikan komentar atau tanggapan lisan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku;
12. mengidentifikasi lafal/ejaan kata-kata nonbaku dalam dialog dan melafalkan/menuliskannya secara baku sesuai dengan EYD.
13. memperbaiki kalimat nonbaku dari segi fonologi/ejaan, pilihan kata, bentuk kata (morfologis) dan sintaksis menjadi kalimat baku;

Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan

Afektif
1.      Rasa ingin tahu tentang kekayaan kosa kata dan asal kata bahasa indonesia
2.      Kreatif menemukan pelafalan kata yang tidak baku
3.      Menghargai perbedaan logat dalam pelafalan bahasa Indonesia sebagai wujud cinta tanah air

Psikomotor

II.  Materi Pembelajaran      :   
1.      Informasi dan contoh lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak baku
2.      Bentuk reaksi kinetik atau verbal bila mendengar pelafalan, tekanan, intonasi, atau jeda yang tidak lazim/tidak baku
3.      Fungsi unsur-unsur kalimat dalam hubungannya dengan jeda/intonasi
4.      Perbaikan lafal/ejaan kata serapan, kata bentukan, dan kalimat nonbaku      
III. Metode Pembelajaran:   Tanya jawab, demonstrasi, penugasan, belajar mandiri

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
No
Kegiatan
Wak
tu
Guru
Siswa
Kegiatan Awal

1
Salam pembuka; Doa, Presensi
Menjawab salam, berdoa, dan menjawab presensi
1
2
Memotivasi siswa
 Menyimak
1
3
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
 Menyimak dan mencatat
1
4
Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menyimak dan melafalkan kata/kalimat dengan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dalam kehidupan dan/atau dunia kerja.
 Bertanya atau menjawab pertanyaan
2
Kegiatan Inti (Model Jigsaw)

1
Eksplorasi

Menugaskan siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang, dan masing masing diberi nomor
Membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang, dan masing masing diberi nomor
2
Menugaskan Tiap orang dalam kelompok diberi bagian materi dan tugas yang berbeda, dengan rincian tugas siswa bernomor 1 = a,b, 2=c,d,   3=e,f ,   4=g,h.   dan 5 =i
Tiap orang dalam kelompok diberi bagian materi dan tugas yang berbeda, dengan rincian tugas siswa bernomor 1 = a,b, 2=c,d,   3=e,f ,   4=g,h.   dan 5 =i
2
Memperdengarkan kalimat/wacana monolog yang bertemakan sosial yang mengandung kesalahan intonasi, lafal/ejaan kata serapan maupun kesalahan bentukan.
 Siswa menyimak kalimat/wacana monolog yang bertemakan sosial yang mengandung kesalahan intonasi, lafal/ejaan kata serapan maupun kesalahan bentukan.
6
2
Elaborasi

a.
Menugaskan siswa memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim / baku dari kalimat / wacana monolog yang telah disimak;
Siswa memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim / baku dari kalimat / wacana monolog yang telah disimak;
4
b.
Meminta siswa mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim / baku secara komunikatif;
Siswa mengucapkan lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim / baku secara komunikatif;
4
c.
Menugaskan siswa mengidentifikasi kalimat atau bukan berdasarkan intonasi dan kelengkapan unsurnya
Siswa mengidentifikasi kalimat atau bukan berdasarkan intonasi dan kelengkapan unsurnya
4
d.
Menugaskan siswa mengidentifikasi pengaruh jeda / intonasi terhadap makna kalimat dan mengucapkan/ menuliskannya secara cermat dan komunikatif.
Siswa mengidentifikasi pengaruh jeda / intonasi terhadap makna kalimat dan mengucapkan/ menuliskannya secara cermat dan komunikatif.
4
e.
Menugaskan siswa mengidentifikasi ketidak-bakuan kata serapan maupun bentukan serta menuliskannya  dengan ejaan yang baku sesuai dengan EYD;
Siswa mengidentifikasi ketidak-bakuan kata serapan maupun bentukan serta menuliskannya  dengan ejaan yang baku sesuai dengan EYD;
4
f.
Menugaskan siswa mengidentifikasi kesalahan lafal dan intonasi/jeda serta mengucapkan/menuliskannya sesuai dengan EYD secara komunikatif;
Siswa mengidentifikasi kesalahan lafal dan intonasi/jeda serta mengucapkan/menuliskannya sesuai dengan EYD secara komunikatif;
4
g.
Menugaskan siswa mengidentifikasi jeda sesuai dengan satuan-satuan sintaksis dalam kalimat.
Siswa mengidentifikasi jeda sesuai dengan satuan-satuan sintaksis dalam kalimat.
4
h.
Menugaskan siswa mengidentifikasi fungsi/ jabatan unsur kalimat sesuai dengan penjedaan kalimat.
Siswa mengidentifikasi fungsi/ jabatan unsur kalimat sesuai dengan penjedaan kalimat.
4
i.
Menugaskan siswa mengidentifikasi lafal/ejaan kata serapan nonbaku serta melafalkan/ menuliskannya menjadi kata serapan yang baku.
Siswa mengidentifikasi lafal/ejaan kata serapan nonbaku serta melafalkan/ menuliskannya menjadi kata serapan yang baku.
4

j
Setelah selesai membahas dan mempelajarai tugas masing-masing, anggota tim yang berbeda yang telah mempelajari tugas yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan tugas mereka
Anggota tim yang berbeda yang telah mempelajari tugas yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan tugas mereka
5
3
Konfirmasi

a.
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
Tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
4
b.
Tiap tim ahli mepresentasikan hasil diskusi
 Memperhatian dan mencatat
10
c.
Meminta siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement).
Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement).
10
Kegiatan Akhir

1
Meminta komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati
Memberikan komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewat
4
2
Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengucapkan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku dalam dunia kerja, misalnya dalam dunia jurnalistik radio atau televise
Menyimak dan mencatat
4
3
Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya.
 Menyimak dan mencatat
1
4
Pembelajaran ditutup dengan doa
 Berdoa
1
Jumlah Waktu pada pertemuan 1
90



Pertemuan ke 2
No
Kegiatan
Wak
tu
Guru
Siswa
Kegiatan Awal

1
Salam pembuka; Doa, Presensi
 Menjawab salam, berdoa, dan menjawab presensi
1
2
Memotivasi siswa
 Menyimak
1
3
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model
 Menyimak dan mencatat
2
4
Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menyimak dan melafalkan kata/ kalimat dengan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dalam kehidupan dan/atau dunia kerja
 Bertanya atau menjawab pertanyaan
2
Kegiatan Inti (Model Group Investigation)

1
Eksplorasi

Membagi kelas dalam 5 kelompok heterogen
Membentuk kelompok
2
Menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
Menyimak dan mencatat
2
Memanggil ketua-ketua kelompok untuk satu materi tugas yang berbeda dari kelompok lain (diundi)
Menyimak dan  mencatat tugas
2
Memperdengarkan wacana campuran monolog dan dialog yang  bertemakan sosial yang mengandung kesalahan/ketidakbakuan kata/kalimat.
 Siswa menyimak wacana campuran monolog dan dialog yang  bertemakan sosial yang mengandung kesalahan/ketidakbakuan kata/kalimat.
5
2
Elaborasi

1
Menugaskan masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
4
a.
Meminta siswa menyimak dialog yang mengandung kesalahan lafal/ejaan kata serapan dan kata bentukan serta kesalahan intonasi/jeda.
Siswa menyimak dialog yang mengandung kesalahan lafal/ejaan kata serapan dan kata bentukan serta kesalahan intonasi/jeda.
5
b.
Meminta siswa memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang  tidak lazim/baku;
Siswa memberikan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang  tidak lazim/baku;
5
c.
Meminta siswa memberikan komentar atau tanggapan lisan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku;
Siswa memberikan komentar atau tanggapan lisan secara komunikatif terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/baku;
5
d.
Menugaskan Siswa mengidentifikasi lafal/ejaan kata-kata nonbaku dalam dialog dan melafalkan/menuliskannya secara baku sesuai dengan EYD.
Siswa mengidentifikasi lafal/ejaan kata-kata nonbaku dalam dialog dan melafalkan/menuliskannya secara baku sesuai dengan EYD.
4
e
Meminta Siswa memperbaiki kalimat nonbaku dari segi fonologi/ejaan, pilihan kata, bentuk kata (morfologis) dan sintaksis menjadi kalimat baku.
Siswa memperbaiki kalimat nonbaku dari segi fonologi/ejaan, pilihan kata, bentuk kata (morfologis) dan sintaksis menjadi kalimat baku.
5
3
Konfirmasi

a.
Mengadakan tanya jawab tentang kesulitan siswa
 Memperhatian dan mencatat
4
Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
b.
Meminta siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement).
Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement).
4
Kegiatan Akhir

1
Meminta komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati
Memberikan komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati
4
2
Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengucapkan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/ baku dalam dunia kerja, misalnya dalam dunia jurnalistik radio atau  televisi sekaligus member kesimpulan
Menyimak Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengucapkan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang tidak lazim/ baku dalam dunia kerja, misalnya dalam dunia jurnalistik radio atau  televise
4
3
Meminta siswa mempersiapkan diri mengikuti ujian
Melakukan persiapan ujian
1
4
Menyampaikan tata tertib dan penjelasan singkat tentang soal ujian
Menyimak dan mencatat
1
5
Melaksanakan ujian
Menjawab soal ujian
30
6
Mengumpulkan lembar jawaban siswa
Menyerahkan lembar jawaban siswa
2
7
Menutup pelajaran, berdoa, dan member salam
Berdoal dan member salam
Jumlah Waktu pada pertemuan 3
90

V.  Sumber Belajar
a.   Modul Bahasa Indonesia Tk Semenjana
b.   Rekaman dialog dan monolog yang mengandung kesalahan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.  Teknik             :  Penilaian proses,  lisan, perbuatan, tertulis
b.  Bentuk                        :  Pilihan ganda, uraian
c.  Instrumen        :  
     - Soal                           : di dalam buku soal (terlampir)
     - Kunci jawaban          : di dalam buku kunci (terlampir)

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
Ade Roy Liana
25
25
25
25
100
100


100

100
100
TUNTAS
02
Ady Guntoro Sihombing
10
10
10
10
40
100


100

100
88
TUNTAS
03
Andy Syahputra Harahap
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
TUNTAS
04
Ari Budi Maulana
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
TUNTAS
Aspek karakter komunikatif / bersahabat
1. Senang berbicara
2. Senang bergaul
3. Senang bekerja sama
4. Berbicara secara santun

Contoh soal evaluasi :
E.   Simaklah dialog berikut. Sambil menyimak, tuliskan kata-kata --baik kata gaul, kata daerah, maupun kata asing-- yang  menandai ketidakbakuan bahasa dialog tersebut.
      Rekaman A.1.1.q
Dialog
A: ….
B: ….
A: ….
B: …. Dst.
      Daftar kata yang menandai ketidakbakuan:
      21. _________________             26. _________________
      22. _________________              27. _________________
      23. _________________              28. _________________
      24. _________________              29. _________________
      25. _________________              30. _________________
F.   Simaklah kalimat-kalimat nonbaku berikut, dan tuliskan kalimat yang baku.
      Rekaman A.1.1.r
      31. ___________________________________________________________
      32. ___________________________________________________________
      33. ___________________________________________________________
      34. ___________________________________________________________
      35. ___________________________________________________________


G.  Simaklah dan tulislah kalimat-kalimat berikut, lalu tentukan batas-batas satuan makna / sintaksisnya.    
      Rekaman A.1.1.s
      36. ___________________________________________________________
      37. ___________________________________________________________
      38. ___________________________________________________________
      39. ___________________________________________________________
      40. ___________________________________________________________




Pedoman Penilaian Evaluasi (Akademik)

No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
1-5
1
5
6-10
1
5
11-15
2
10
16-20
1
  5
21-30
1
10
31-35
4
20
36-40
3
15
Jml skor total maksimal
70

Nilai Akhir Maksimal = (70 : 7) x 10  = 100



                                                                                                       Aekkanopan, ..... Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




G. Siringoringo, S.Pd                                                         Kamaluddin, S.Pd


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar